Lanjut ke konten

Belajar Jamur Tiram di Rumah Soca

November 4, 2009

Jamur Tiram Panenan PertamaAda satu hal yang menyatukan tujuh belas orang yang berkumpul di Rumah soca waktu itu ( 23/10). Dari usia SMA sampai Bapak-Ibu, mereka duduk dan menyimak dengan seksama penjelasan Pak Hebo tentang bagaimana membudidayakan Jamur Tiram. Pak Hebo ditemani oleh Gandung, salah satu kawan dari Omah Opak Jogjakarta, yang ikut menjelaskan angkah-langkah dalam pembudidayaan, sambil sesekali menunjukkan alat peraga.

Menjadi petani jamur nampaknya tidak sesulit yang di bayangkan, apalagi ternyata tidak perlu cangkul dan tenaga ala Pak tani sawah. “ Petani jamur tuh kayak orang pengangguran, santai sekali, sibuknya nanti kalau panen”, tukas Pak Hebo, seorang petani Jamur dari Jogjakarta yang sengaja datang untuk mengajari kami, “tapi harus telaten”.

Jamur tiram (Pleurotus ostreatus) atau jamur tiram putih adalah jamur pangan dengan tudung berbentuk setengah lingkaran mirip cangkang tiram dengan bagian tengah agak cekung dan berwarna putih hingga krem. “Jamur ini bisa diolah dalam berbagai macam masakan, dan tidak berbahaya, kecuali kalau tumbuh di tempat yang kotor. Oleh karena itu, membudidayakannya pun harus hati-hati.”, sambung Pak Hebo

Selain warga sekitar Rumah Soca, teman-teman dari komunitas lain pun ikut dalam pelatihan ini, termasuk dari Gepas dan HKBP. Selama pelatihan, Banyak pertanyaan yang terlontar dari peserta yang datang, dari detil-detil teknis sampai keluhan tentang adanya satu hal yang kurang. “Kayaknya mesti dipraktekin langsung, ya”, usul Ibu Dida, Ibu RT di lingkungan Rumah Soca. “Budidaya Jamur Tiram ini bisa jadi kegiatan yang bagus untuk para pemuda yang menganggur di sekitar sini (lingkungan RT 02 di Jl Burujul III. red)”, ujarnya.

Pak Hebo senang sekali para peserta begitu antusias dalam sesi yang singkat ini. Menyambut usulan Bu Dida, Pak Hebo dan Kampung Halaman mempersilakan peserta untuk ikut mempraktekan semuanya di Rumah Soca, dengan 500 media tanam yang sudah disediakan. “ Nanti kita akan lihat langsung pertumbuhan jamur, dan belajar cara memanennya”, sambung Gandung di lain waktu.

Ingin mencoba mempraktekkannya juga? Kawan-kawan bisa datang ke Rumah Soca kapanpun. Selamat mencoba..!

(oleh rina. Penulis baru saja kebagian panenan pertama dari sekian ratus media yang ada ketika tulisan ini dibuat : ) )

2 Komentar leave one →
  1. November 28, 2009 6:13 am

    Saya juga baru belajar Jamur nih, seru lo bisa diatur panennya juga

Tinggalkan komentar